FAQ

1. Apa itu Ompreng.com?

Ompreng.com merupakan aplikasi untuk berbagi kendaraan dengan penumpang lain. Kami memperkenalkan ride sharing dan car pooling berbasis web dan aplikasi mobile. Sampai saat ini produk Ompreng.com terdiri dari Ompreng-car (O-Car), Ompreng-bike (O-Bike) dan Ompreng-shuttle (O-Shuttle). Khusus bagi mitra perusahaan, kami menyarankan untuk menggunakan produk O-shuttle yang merupakan layanan transportasi car pooling dengan shuttle point-to-point menggunakan microbus, mobil MPV atau motor cocok untuk antar-jemput karyawan dan anak sekolah.

2. Apa perbedaan Ompreng.com dengan aplikasi transportasi online lainnya?

Kami berfokus pada perjalanan rutin dan terjadwal (bukan on-demand) seperti berangkat ke kantor atau sekolah. Calon penumpang diharuskan untuk registrasi dan mengisi data diri diawal pendaftaran. Ompreng.com memiliki konsep seperti angkutan umum, dimana satu kendaraan dapat dimaksimalkan karena diisi oleh 7 sampai 19 penumpang per perjalanan. Ompreng.com akan mengurangi kemacetan dengan menggunakan konsep rasio 1: 7 penumpang dalam satu kendaraan.

3. Apa kelebihan O-Shuttle ?

  • Aman : Penumpang dan pengemudi terdaftar dan terverifikasi jelas identitasnya.
  • Nyaman : Penjemputan langsung di dekat lokasi kantor / rumah Anda, reservasi kursi via online untuk memastikan anda mendapatkan tempat, full air conditioner serta tempat duduk yang nyaman, free wi-fi, TV dan majalah (untuk armada tertentu), Anda dapat beristirahat sepanjang perjalanan.
  • Tertib: Waktu operasional (jam kedatangan) jelas, berangkat sesuai jadwal keberangkatan (on-time) serta tidak menunggu penumpang hingga penuh (“ngetem”).
  • Terjangkau : Tarif terjangkau, mulai dari Rp 24.774 / trip, setara dengan (Rp 800 - 1.100/km untuk jarak tempuh 25-30 km). Tarif sama untuk semua jurusan.

4. Bagaimana mekanisme pendaftaran O-Shuttle?

Untuk menjadi penumpang O-Shuttle, calon penumpang wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu di www.ompreng.com/user/register/shuttle. Di form tersebut calon penumpang dapat mengisi alamat rumah dan alamat kantor beserta waktu berangkat dan pulang kerja. Pilih titik penjemputan yang terdekat dengan alamat kantor dan rumah (Jika tidak ada yang terdekat, pilih "other"). Setelah itu, kami akan memilah calon penumpang yang memiliki asal dan tujuan yang sama. Jika sudah ada minimal 7 orang yang memiliki asal dan tujuan yang sama, kami akan menghubungi calon penumpang lewat telepon atau email untuk melakukan pembayaran via transfer ke rekening kami. Calon penumpang dapat menikmati perjalanan rutin bersama ompreng.com.

5. Bagaimanakah rute, titik penjemputan, dan jam keberangkatan O-Shuttle?

Layanan O-Shuttle tersedia di wilayah Jakarta dengan titik penjemputan antara lain di Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto, dan Kuningan. Dengan daerah tujuan kota satelit di sekitar ibukota yakni Depok, Bogor, Tanggerang, Bekasi, Bintaro, Ciputat dan Cibubur. Waktu operasional dimulai dari pukul 05:00 - 09:00 WIB dan 16:00 - 20:00. Untuk rutelainnya yang belum disebutkan, calon penumpang dapat mendaftar terlebih dahulu di www.ompreng.com/user/register/shuttle.

6. Bagaimana tahapan penggunaan O-Shuttle di aplikasi ompreng.com?

Saat membuka aplikasi ompreng.com, pilih menu O-shuttle. Pilih rute yang diinginkan misal beserta jam keberangkatan "cibubur-mega kuningan jam keberangkatan pukul 05.30 WIB". Setelah itu tekan tombol "booking" dan "submit". Booking dapat dilakukan maksimal 10 menit sebelum keberangkatan. Setelah booking, penumpang diwajibkan datang di lokasi penjemputan minimal 10 menit sebelum waktu keberangkatan. Saat ingin menaiki shuttle, penumpang wajib menunjukan O-Passport ke driver ompreng.com untuk scan barcode. O-Passport dapat di lihat di kiri atas aplikasi atau di Profile > O-Passport.

7. Kendaraan apa yang digunakan untuk O-Shuttle?

Standard kendaraan yang digunakan O-shuttle adalah tipe microbus seperti elf dan hiace berkapasitas 15-20 orang. Namun memungkinkan juga untuk mobil MPV berkapasitas 7 orang. Kedepannya, motor pun akan digunakan untuk sarana antar-jemput yang lebih personal atau jika calon penumpang tidak mencapai 7 orang.

8. Berapakah harga untuk berlangganan O-shuttle?

Untuk saat ini, O-Shuttle memiliki 3 paket pilihan langganan sebagai berikut:

  1. Paket Bulanan Pulang & Pergi (Rp 1.090.000): Untuk 44 x point trip* pulang dan pergi berlaku untuk 40 hari kalender.
  2. Paket Bulanan Pergi (Rp 790.000): Untuk 22 x point trip* pergi saja berlaku untuk 40 hari kalender.
  3. Paket Bulanan Pulang (Rp 790.000): Untuk 22 x point trip* pulang saja berlaku untuk 40 hari kalender.

Catatan:

* Point trip akan berkurang setiap kali penumpang scan O-Passport saat menaiki kendaraan
* Point yang dibeli akan hangus dalam 40 hari kalender terhitung dari tanggal pembelian

9. Bagaimana jika saya sudah booking O-Shuttle namun tidak datang tepat waktu atau sedang lembur kerja?

Jika ada penumpang yang tertinggal atau tidak hadir dalam penjemputan, penumpang dapat membooking di lain hari atau di jam keberangkatan selanjutnya (jika tersedia). Kami memberikan rentang waktu 40 hari kalender untuk mengantisipasi penumpang tertinggal ataupun terjadi suatu hal yang menyebabkan penumpang tidak dapat mengikuti trip setiap harinya.

10. Dimana saya bisa menggunduh aplikasi Ompreng.com?

Aplikasi ompreng.com dapat diunduh di playstore. Pengguna dapat juga mengakses ompreng.com melalui PC atau mobile browser.

11. Jika saya sudah mendaftar di O-Shuttle namun jurusan yang saya daftarkan belum terkumpul 7 orang, apa yang dapat saya lakukan?

Ompreng.com mengedepankan konsep car pooling 1:7, artinya 1 kendaraan harus diisi minimal penumpang 7 orang. Jika dalam beberapa waktu ompreng.com belum mendapatkan 7 orang calon penumpang untuk jurusan yang sama, maka kami akan menawarkan motor sebagai armada yang lebih personal dengan harga dan paket yang sama dengan O-Shuttle.

12. Apakah bisa saya naik atau turun bukan pada titik penjemputan?

O-Shuttle adalah layanan antar-jemput point-to-point artinya shuttle berangkat dari titik keberangkatan dan berhenti sampai di titik tujuan. Sehingga ompreng.com tidak menyarankan untuk naik / turun selain di titik penjemputan. Kami berusaha sebisa mungkin dekat dengan lokasi kantor / rumah calon penumpang.

13. Dapatkah saya diantar dari rumah hingga ke kantor?

Untuk saat ini O-shuttle hanya melayani penjemputan dari point-to-point. Untuk penjemputan sampai ke rumah, akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. O-Shuttle akan berintegrasi dengan motor/ojek. Jadi dari rumah ke titik keberangkatan, penumpang dapat menaiki ojek dan dari titik keberangkatan hingga kantor akan menaiki mobil / microbus begitu pula sebaliknya. Semua akan ada dalam satu sistem reservasi. Sehingga diharapkan nantinya para penumpang tidak perlu repot lagi dalam berpergian dari rumah menuju kantornya.

14. Jika saya punya mobil sendiri, apakah saya dapat bergabung menjadi mitra O-Shuttle?

Kami bekerja sama dengan rental mobil dalam hal armada yang kami gunakan. Jika ada penumpang yang memiliki mobil yang dapat dibagikan dengan penumpang lainnya, mereka dapat membagikan rutenya di produk ompreng.com yang lain yaitu O-Car atau O-bike. Anda dapat menentukan sendiri rute, waktu, dan ongkos perjalanan.

15. Bagaimana cara melaporkan masalah tentang aplikasi atau kesulitan booking?

Untuk pelaporan dan kesulitan penggunaan aplikasi, silahkan kirimkan email ke [email protected] Mohon sertakan detail selengkap mungkin mengenai kendala anda termasuk screenshot masalahnya agar tim ompreng.com dapat membantu secepatnya.